Mengenal IDE App Inventor dan Thunkable

Sekarang mari kita mengenal IDE dari App Inventor dan Thunkable. Namun sebelumnya mari kita fahami dulu apa itu IDE Programming??? IDE adalah singkatan dari Integrated Development Environment yang terjemahan bebasnya adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang menyediakan fasilitas yang komprehensif bagi pemrogram komputer untuk pengembangan perangkat lunak. IDE biasanya terdiri dari editor kode sumber, membangun alat otomasi dan debugger. (Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Integrated_development_environment)
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan untuk IDE App Inventor dan Thunkable adalah Tampilan dari App Inventor dan Thunkable yang menyediakan seluruh kebutuhan bagi programmer dalam membuat Aplikasi Android yang terdiri dari Layar Desainer dan Layar Blok dan Properties dari semua bagian tersebut.
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Secara Umum IDE App Inventor Terdiri Dari : Menu, Layar Desainer, Layar Blok. Mari kita bahas satu persatu lebih terperinci :

1. Menu Project, Connect dan Build

Ini adalah menu utk memulai project baru, melakukan tes aplikasi dan membuat aplikasi menjadi file install .apk sehingga bisa langsung di distribusikan untuk di install pada perangkat android lainnya.

2. Bagian Screen

Bagian ini mungkin boleh disebut sebagai Form, Screen (Layar) akan diisi oleh beberapa komponen, di bagian ini sahabat bisa menambah screen atau menghapusnya.

3. Bagian Pallete memuat berbagai macam kontrol (komponen)


Bagian ini semacam kumpulan kontrol (jika sahabat belajar pemograman visual studio), dikelompokkan atas beberapa bagian yang sering digunakan yaitu seperti : user interface, layout, media, drawing and animation, sensors, social, storage dan lainnya. 
Jadi jika sahabat ingin membuat tombol, input teks, list dan lainnya, tinggal menggunakan komponen yang ada di dalam User Interface. Jika ingin menggunakan Kamera, Scanner dan media lainnya bisa mengambil komponennya dari media. Metodenya sangat mudah hanya dengan "drag and drop". Sama mudahnya seperti pemograman visual, jika nanti sahabat sudah mulai mencoba maka akan memahami semua komponen yang ada.

4. Bagian Viewer


Ini merupakan tampilan visual dari desain yang akan kita buat pada aplikasi yang sedang kita kembangkan.

5. Components

Komponen-komponen yang ada dalam satu screen, disini kita bisa mengatur propertiesnya nanti.

6. Properties


Disinilah pengaturan yang bisa kita lakukan, lebar, tinggi, perataan, ukuran huruf, aktif atau tidak aktif dan lainnya.

7. Tombol Designer dan Blocks


Adalah tombol untuk berpindah dari mode Design ke mode blocks dan sebaliknya. Jika tombol Design di klik maka kita akan mengatur visual aplikasi android yang sedang di kembangkan. Sedangkan jika tombol Blocks yang diklik maka kita akan berada pada mode blocks untuk mengatur alur program yang kita buat.

0 Response to "Mengenal IDE App Inventor dan Thunkable"

Post a Comment