4 Cara Mencari Bantuan Untuk Belajar App Inventor dan Thunkable

Terkadang sahabat mengalami masalah saat menggunakan app inventor ataupun thunkable, permasalahan sering muncul saat mendesain tampilan, menyusun blok-blok program dan menentukan logika, banyak sekali yang tidak kita ketahui, nah artikel ini akan memberikan panduan bagaimana mencari bantuan untuk belajar App Inventor dan Thunkable.

Berikut beberapa cara mencari bantuan saat sahabat mengalami masalah belajar App Inventor ataupun thunkable.

1. Membeli Buku

Ini salah satu favorit kami, dengan memiliki buku kita dapatkan referensi yang sesuai, biasa suatu buku akan memberikan contoh-contoh yang lebih konkrit dan pembahasan yang menyeluruh terhadap contoh suatu kasus yang terkait dengan app inventor ataupun thunkable. 
Namun sayang buku-buku yang berbahasa Indonesia justru mengambil contoh-contoh dari internet, beruntungnya sebagian pengarang buku yang juga berlatar belakang programmer dapat memberikan contoh-contoh dan mengembangkan permasalahan seputar app inventor dan thunkable dengan baik.
Sekarang kita sudah sangat mudah dapat memesan buku secara online tinggal masuk ke beberapa marketplace dan lakukan pencarian dengan kata kunci "app inventor" maka akan bermuncul berbagai judul buku dan harga yang ditawarkan.

2. Mencari Postingan terkait di Google

Sangat banyak postingan artikel di web yang bisa kita jadikan sebagai bantuan saat mengalami masalah dalam app inventor dan thunkable, tentu saja web itu ada yang berbahasa asing dan berbahasa indonesia.
Dengan menggunakan kata kunci yang sesuai maka sahabat dapat dengan mudah mencari bantuan sesuai permasalahan yang dihadapi, misalnya :

  • "Timer in app inventor" untuk penggunakan timer
  • "Looping in app inventor" untuk looping
  • "Texting ini app inventor" untuk cara mengirim sms
Setelah melakukan pencarian akan muncul macam-macam link yang berkaitan dengan kata kunci yang sahabat cara, sekarang tinggal sahabat memahaminya sendiri.

3. Bergabung di forum

Ada banyak forum yang membahas app inventor dan thunkable, bisa di google group, group facebook, komunitas online dan lainnya. Berikut forum yang sering kami kunjungi :

  • https://groups.google.com/forum/#!forum/mitappinventortest
  • https://community.thunkable.com/
  • https://groups.google.com/forum/#!categories/mitappinventortest/mit-appinventor-2

4. Mencari Fanspage atau Group di Facebook

Facebook adalah komunitas yang sangat besar, pengguna bisa membuat fanspage dan group sesuai dengan bidang yang diinginkan, ada banyak yang membahas mengenai app inventor dan thunkable. Berikut Fanspage yang kami kelola semoga memberikan manfaat :

  • https://web.facebook.com/appinventorthunkableindonesia/

Setidaknya itu 4 cara untuk mencari jalan keluar saat mengalami masalah dalam mempelajari App Inventor ataupun thunkable. Semoga bermanfaat dan terima kasih

0 Response to "4 Cara Mencari Bantuan Untuk Belajar App Inventor dan Thunkable"

Post a Comment