Apa itu App Inventor dan Thunkable

Bagi developer Aplikasi Android pasti sudah mengenal App Inventor dan Thunkable. App Inventor adalah Aplikasi Open Source yang memiliki antar muka visual yang sangat intuitif sehingga dapat digunakan oleh semua orang bahkan oleh anak-anak. Dengan App Inventor proses membuat aplikasi tidak lagi "menakutkan" sehingga semua orang bisa membangun aplikasi untuk tablet ataupun smartphone.
App Inventor awalnya dikembangkan oleh Google lalu pengembangannya selanjut diserahkansudah  ke MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan selanjutnya disebut MIT App Inventor. Saat artikel ini dibuat App Inventor sampai pada versi 2 dan tentu saja akan terus berkembang ke versi berikutnya. 
Lalu apa pula yang dimaksud dengan Thunkable, jika diperhatikan antar muka Thunkable sangat mirip dengan MIT App Inventor, tentu saja rupa Thunkable adalah versi yang lebih lengkapnya dari MIT App Inventor dan lebih difokuskan untuk pengembang yang ingin membuat aplikasi untuk kebutuhan sendiri dan bisa juga bersifat komersil.
Perbedaan App Inventor dan Thunkable

  1. App Inventor lebih bersifat untuk belajar dan mengajar, sumber daya terbatas, dimana ukuran file yang bisa dibangun tidak lebih dari 30 mb. Sedangkan Thunkable bisa untuk pribadi maupun komersi dengan ukuran file yang lebih besar.
  2. App Inventor memiliki fitur yang terbatas, sedangkan Thunkable memiliki fitur yang cukup lengkap dan terus berkembang (untuk saat ini masih gratis)
  3. App Inventor bersifat open source namun thunkable bisa saja tidak bersifat open source
Berikut Tampilan IDE App Inventor
Designer MIT App Inventor

Blocks MIT App Inventor
Berikut Tampilan IDE Thunkable
Designer Thunkable

Blocks Thunkable
Dalam membuat Aplikasi sahabat tinggal menyusun block-block code program tanpa susah susah memikirkan baris-baris kode program yang rumit, semua sudah terbentuk dan tersusun pada blok blok yang sesuai, jadi sangat mudah seperti menyusun lego atau blok blok puzzle.
Tertarik membuat program android dengan App Inventor atau Thunkable??? silahkan simak semua artikel di blog ini dan berikan dukungan sahabat dengan me like dan share seluruh artikel kami.

0 Response to "Apa itu App Inventor dan Thunkable"

Post a Comment